Air terjun Haratai merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Loksado, Kalimantan Selatan. Tempat ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, terutama air terjunnya yang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung.

Air terjun Haratai memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terletak di kawasan hutan tropis yang masih sangat asri. Untuk mencapai tempat ini, pengunjung harus melewati jalur pendakian yang menantang namun menawarkan pemandangan alam yang memukau sepanjang perjalanan.

Pemandangan yang ditawarkan oleh air terjun Haratai begitu menakjubkan. Air yang jernih mengalir dari atas bukit dan jatuh dengan deras, menciptakan suara gemuruh yang menenangkan. Kombinasi antara air yang berwarna hijau kebiruan dengan pepohonan yang rimbun membuat suasana di sekitar air terjun begitu sejuk dan segar.

Tak hanya sekedar menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat bermain air di kolam yang terbentuk di bawah air terjun. Kolam ini cukup dalam sehingga pengunjung dapat berenang atau bermain di dalamnya. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat beberapa batu besar yang dapat digunakan sebagai tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.

Pengunjung juga dapat memanjakan diri dengan berjalan-jalan di sekitar air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan hijau. Udara segar dan aroma hutan yang khas akan membuat pengunjung merasa rileks dan damai. Tidak heran jika air terjun Haratai juga sering digunakan sebagai tempat untuk meditasi atau yoga.

Untuk mencapai air terjun Haratai, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Kandangan. Perjalanan tersebut mungkin terasa melelahkan namun ketika tiba di tempat ini, semua kelelahan akan terbayarkan dengan keindahan alam yang ada. Pengunjung juga disarankan untuk mempersiapkan fisik yang cukup sebelum mendaki agar dapat menikmati keindahan air terjun dengan maksimal.

Untuk harga tiket masuk, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per orang. Namun, untuk mencapai air terjun Haratai, pengunjung harus menggunakan jasa pemandu lokal yang biasanya akan meminta bayaran tambahan sebesar Rp50.000 hingga Rp100.000 tergantung pada kesepakatan yang dibuat.

Di sekitar area air terjun juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan. Namun, pengunjung disarankan untuk membawa bekal sendiri karena tidak ada warung besar yang menyediakan makanan berat di sekitar lokasi.

Secara keseluruhan, air terjun Haratai merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi bagi para pecinta alam dan mereka yang ingin menikmati keindahan alam yang masih alami. Dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang menakjubkan, tempat ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk melepaskan penat dan stres dari kehidupan sehari-hari. Jadi, jika sedang berada di Kalimantan Selatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi air terjun Haratai di Loksado.